Kamis, 22 April 2010

Apel? Hmm… Segar dan Sehat!

An apple keeps the doctor away. Ungkapan ini sangat tepat untuk menggambarkan manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh. Pasalnya apel dianggap sebagai salah satu buah yang paling sehat karena mampu mengendalikan kolesterol, kadar gula darah dan membantu pencernaan. Bahkan sebutir apel bisa berfungsi sebagai “sikat gigi alami”. Mengunyah sebutir apel dianggap sama dengan menggunakan sikat gigi alami. Penelitian menunjukkan bahwa apel mampu membersihkan makanan yang tersembunyi di belakang gigi dan gusi sehingga menghalangi karies gigi dan penyakit gusi. Penderita penyakit gusi yang serius akan memperoleh manfaat dari tingginya kandungan Vitamin C yang terdapat dalam sebutir apel.

Selain dengan cara dimakan langsung, apel juga baik dikonsumsi dalam bentuk jus karena kandungan vitamin dan gizinya yang tinggi. Satu gelas jus apel mengandung 22mg fosfor, 15mg kalsium, 15mg zat besi, 250mg potasium, 15mg sodium, sedikit Vitamin B kompleks, 2mg Vitamin C, dan 20 I.U. Vitamin A per 100 gram jus apel.

Manfaat jus apel bagi kesehatan adalah sebagai berikut :
Menurunkan kolesterol dan tekanan darah.
Meningkatkan HDL atau high density lipoprotein.
Menstabilkan gula darah.
Memperlancar pencernaan.
Memperkuat jantung dan sebagai agen antikanker.
Mengurangi nafsu makan.
Membantu menurunkan berat badan.
Memperkuat ginjal.
Khasiat apel terletak pada kandungan karoten dan pektinnya yang merupakan serat yang larut dalam air. Pektin berperan menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL yang dapat menyumbat pembuluh darah. Pada saat yang sama, pektin juga menaikkan kadar kolesterol baik atau HDL. Semakin tinggi tingkat HDL seseorang, semakin rendah orang tersebut beresiko terkena penyakit jantung. Kerja pektin yang terdapat dalam jus apel sangat cepat. Karena itu, begitu selesai meminum jus apel, proses pembuangan lemak langsung dimulai.

Jika sudah berada di dalam tubuh, pektin yang terkandung dalam apel akan mengikat air secara kuat. Kemudian pektin menyerap substansi air itu dan menggunakannya untuk membebaskan sel dari gumpalan-gumpalan lemak. Pektin merupakan salah satu tipe serat kasar yang mempunyai beberapa keuntungan karena bentuknya yang menyerupai gel. Selain itu pektin juga dapat membantu memperbaiki otot pencernaan dan mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan. Pektin juga terkandung dalam obat antidiare Kaopectate. Karena itu pektin juga berkhasiat untuk menghilangkan diare. Pektin juga dapat menyerap air berlebih dalam usus, memperlunak feses, mengikat dan menghilangkan racun dan membasmi kuman dalam perut dan usus. Jus apel juga dapat meringankan radang sendi dan arthritis.

Satu butir apel berukuran sedang mengandung 10 gram serat dari 20 – 35 gram serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Kandungan Vitamin A pada apel berfungsi untuk menyembuhkan influenza dan infeksi lainnya. Khasiat lainnya, menjaga kondisi mata dan mencegah kebutaan. Kandungan vitamin C dan B pada apel berfungsi untuk mempertahankan kesehatan urat saraf. Bagi Anda yang bermasalah dengan obesitas, mengkonsumsi apel atau jus apel setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan. Bahkan jus apel dapat menghalangi pembentukan sel-sel kanker, menghilangkan rasa haus, mengurangi keasaman perut, membantu menghilangkan elemen-elemen racun dalam tubuh dan memperkuat ginjal. Jika Anda ingin mengkonsumsi apel dalam bentuk jus, jus apel sebaiknya diminum secara rutin satu gelas setiap hari sebelum makan pagi.

Tidak ada komentar: