Sabtu, 20 Maret 2010

Fakta Tentang Metabolisme Tubuh

Mau menaikkan metabolisme? Berlatihlah angkat beban. Bagi cewek-cewek yang tidak mau menjadi "besar dan kekar" karena berlatih angkat beban, simaklah artikel berikut ini.

Satu hal yang membantu Anda mengurangi berat badan atau tetap langsing adalah seefektif apa metabolisme Anda bekerja. Jadi, apa hubungan antara latihan ketahanan tubuh dengan metabolisme Anda?

Alasan seseorang menjadi obese atau kelebihan berat badan adalah karena mereka mendapat asupan kalori yang lebih banyak daripada kalori yang mereka bakar. Maka jika kita melakukan latihan kardiovaskular dalam suatu waktu tertentu seperti berlari, bersepeda, berenang atau hiking, Anda membakar kalori hanya ketika Anda berolahraga, tetapi jika Anda membentuk otot. Otot Anda menjadi mesin pembakar kalori. Jadi misalnya Anda mengangkat beban selama satu jam, otot Anda akan membakar kalori secara terus menerus walaupun Anda sudah tidak berolahraga.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian dari TUFT University bahwa wanita yang melakukan latihan angkat beban selama 15 minggu menambah tingkat metabolisme tubuh sebesar 15%. Berarti tingkat metabolisme mereka naik sebesar 1% setiap minggu. Kenapa hal ini bisa terjadi? Hal ini terjadi karena mereka membuat jaringan otot baru yang membakar kalori walaupun mereka tidak latihan. Oleh karena itu ketika Anda melakukan diet ketat yang tidak sehat (seperti makan 1x sehari) tubuh akan mengambil energi dengan membakar kalori dari otot, bukan lemak.

Saya tidak mengatakan bahwa Anda harus menjadi kekar dan berotot untuk menjadi kurus, tetapi tambahkanlah latihan aerobic Anda dengan sedikit angkat beban. Jika Anda terlalu takut untuk menjadi terlalu besar, maka lakukan latihan angkat beban dengan beban yang kecil, tetapi dengan jumlah repetisi yang banyak. Jangan khawatir, Anda tidak akan menjadi terlalu kekar. Hal ini disebabkan pula oleh perbedaan hormon yang dimiliki pria dan wanita. Maka cintailah angkat beban mulai dari sekarang.

Jika Anda ingin menjaga tingkat metabolisme Anda, luangkan waktu untuk mendapat tidur yang cukup dan jangan melompati jam makan Anda, khususnya sarapan. Jika Anda melewatkan sarapan, maka tubuh Anda akan terasa lemas dan tidak akan berfungsi secara optimal. Maka mulailah melakukan diet yang sehat, latihan dan tambahkanlah angkat beban dalam sesi latihan Anda.

Tidak ada komentar: