Senin, 26 September 2011

Latihan Efektif Untuk Atasi Selulit (2)

Latihan efektif atasi selulit bag.2 (Besar) 2
Sebelumnya telah dijelaskan mengenai, cara efektif untuk mengatasi selulit adalah dengan mulai berlatih teratur berupa latihan kardio yang bersifat aerobik maupun latihan beban yang bersifat anaerobik.Kali ini kita akan mengetahui latihan anaerobik apa saja yang baik untuk membantu mengatasi selulit Anda sekaligus membakar ekstra kalori dalam tubuh Anda.
Latihan Anaerobik
Latihan anaerobik sangat ideal untuk membantu Anda mengurangi selulit, karena jenis latihan ini juga melatih paha, pinggul, dan pantat. Coba latihan dengan menggunakan beban untuk melatih area selulit di tubuh Anda seperti paha depan Anda, paha belakang, ataupun pantat. Jenis latihan ini menjadi sangat penting karena dapat membantu proses metabolisme lemak di tubuh dan membangun otot-otot baru. Latihan ini sangat bermanfaat bagi Anda para wanita kurus yang memiliki selulit karena latihan ini juga membangun otot, sehingga tubuh akan menjadi padat dan kencang tanpa selulit..
Tips Latihan Anaerobik
Latihan leg curl dan squat sangat disarankan karena akan membantu menghilangkan selulit di paha dan pantat. Anda tidak perlu super berat untuk menyingkirkan selulit, namun yang penting adalah bahwa Anda konsisten menjalani latihan untuk mencapai tujuan.
Leg Curl
Anda bisa menemukan mesin leg curl dan peralatan latihan untuk squat di gym. Untuk leg curl mulailah dengan satu set latihan dengan ringan tetapi tetap menantang; tingkatkan beban yang Anda angkat setiap memulai set yang baru.
Contohnya, lakukan set pertama Anda dengan mengangkat beban seberat 25 kg, kemudian 35 kg, dan seterusnya. Lakukan 10-12 repetisi pada setiap set. Istirahat selama 2 menit sebelum Anda memulai set berikutnya. Selesaikan latihan ini dengan 3 set saja.
Squat
Anda bisa melakukan squat dengan berbagai cara. Anda bisa menggunakan bola latihan, bench, barbell atau smith machine. Lakukan variasi latihan dengan melakukan semua metode latihan yang berbeda setiap harinya.
Squat dengan Bola Latihan:
Bola membuat latihan squat lebih nyaman dan mudah untuk dilakukan dan pantulannya memberikan sensasi pada latihan Anda, yang akan memberikan Anda motivasi tambahan untuk tetap melakukan latihan.
Bench Squat:
Latihan bench squat termasuk latihan sederhana yang mudah Anda terapkan. Ambil kursi yang ada di rumah dan kemudian Anda berpura-pura akan duduk di atasnya. Squat atau jongkok serendah mungkin, tapi jangan sampai duduk, kemudian bangkit dan ulangi. Pastikan Anda bergerak dengan perlahan dan stabil, lalu rasakan otot-otot paha dan bokong Anda bekerja. Anda bisa lakukan squat sebanyak yang Anda inginkan tetapi pastikan untuk memisahkan mereka ke dalam set-set dengan repetisi tertentu. Hal ini akan membantu Anda tetap fokus dan mengingatkan untuk beristirahat kecil di antara set latihan.
Smith Machine:
Smith machine memberikan Anda fleksibilitas untuk menantang diri sendiri. Gunakan smith machine untuk latihan squat and lunges. Anda bisa memulai latihan hanya dengan barnya saja, baru kemudian secara perlahan menambahkan beban untuk meningkatkan latihan dan menambah massa otot. Ingatlah untuk menempatkan sandaran bantal di bar supaya leher Anda tidak sakit. Lakukan latihan squat atau lunges secara perlahan.

Untuk menghilangkan selulit, Anda harus melakukan latihan beban secara teratur, minimal sebanyak 3 kali setiap minggu. Namun sebaiknya Anda tidak melakukan latihan beban secara berturut-turut tanpa jeda hari untuk istirahat. Lakukan latihan beban secara merata, bukan hanya berfokus pada bagin tubuh yang berselulit saja. Jadi selain melakukan latihan di atas, pastikan Anda juga lakukan latihan untuk bagian tubuh lainnya. Kombinasikan latihan beban Anda dengan latihan kardio lainnya, seperti yang dijelaskan di artikel bagian pertama.
Sekarang, apakah Anda siap? Lakukan latihan yang dianjurkan dalam artikel ini untuk menghilangkan selulit pada tubuh Anda. Dan dapatkan bentuk tubuh yang lebih indah. Selamat berlatih!

Tidak ada komentar: